Kamis, 24 Januari 2013

KEGIATAN SL PADI TAHUN 2013




Bulan januari 2013 BPP Kecamatan Pakel mulai melaksanakan kegiatan SL Padi 2013. Untuk tahun 2013 ini memperoleh 18 Unit SL. Berikut adalah kegiatan SL di Poktan Tani Murni desa Sanan kecamatan Pakel.

Kegiatan tanam padi dengan 4 macam cara tanam.


Jajar legowo, tegel, bedeng dan kebiasaan masyarakat setempat.
Setelah tanam padi kembali ke kelas SL



Ini adalah kelas SL dilaksanakan di tempat yang rindang





Salah satu faktor yang mempengaruhi produktifitas tanaman padi adalah pemeliharaan/tehnik budidaya. Untuk petani cara bercocok tanam bukan hal yang sulit namun untuk pemeliharaan tanaman sehingga pertumbuhan dan perkembangannya baik tidaklah gampang. Pengalaman dari kebiasaan usaha tani adalah kunci keberhasilan untuk memperoleh produktifitas yang tinggi. 

Ada pendekatan yang cukup efektif untuk menentukan tindakan budidaya yang tepat yaitu dengan memahami fase pertumbuhan tanaman padi, mulai dari persemaian benih hingga panen. Setiap fase memiliki ke khasan dan dari situlah dapat kita ketahui saat-saat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan tanaman, memahami kebutuhan tanaman, dan tindakan perlindungan suapya setiap fase bisa berlangsung baik.

Secara garis besar pertumbuhan tanaman padi dibagi menjadi 2 (dua) bagian yakni fase vegetatif dan fase generatif. Namun ada yang membagi lagi fase generatifnya menjadi fase reproduktif dan pematangan.


 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar