Minggu, 16 Februari 2014

KRPL
DI BPP KECAMATAN PAKEL

KRPL adalah Kawasan Rumah Pangan Lestari. Yaitu suatu model rumah pangan yang dibangun di kawasan pemukiman, yang bertujuan meningkatkan keterampilan, memenuhi kebutuhan pangan keluarga, dan mengembangkan kegiatan produktif. Terdapat 3 strata KRPL :

  1. Strata 1 adalah rumah yang mempunyai luasan pekarangan kurang dari  100 m2, dengan tanaman yang dibudidayakan adalah sayuran dengan model vertikultur, bedeng, maupun polibag
  2. Strata 2 adalah rumah yang mempunyai luasan pekarangan lebih dari 100 m2 sampai dengan 300 m2 dengan tanaman yang dibudidayakan adalah sayuran vertikultur, bedeng, polibag, buah, ternak ayam, ikan.
  3.  Strata 3 adalah rumah yang mempunyai luasan pekarangan lebih 300 m2, dengan tanaman yang dibudidayakan adalah sayuran vertikultur, bedeng, polibag, buah, ternak kambing, ayam,  ikan.
Selain itu sebagai kelestarian penyediaan bibit harus ada sebuah Kebun Bibit Desa (KBD) yang merupakan roh dari sebuah KRPL.
BPP Kecamatan Pakel yang berada di desa Sukoanyar Kecamatan Pakel mempunyai 1 wilayah desa yang menjadi percontohan kegiatan KRPL, yaitu desa Gesikan. Di desa ini pemanfaatan pekarangan sudah dilakukan secara intensif untuk memenuhi kebutuhan konsumsi rumah tangga maupun dijual untuk menambah pendapatan keluarga.


KBD KRPL Ds. Gesikan







Ketersediaan bibit di KBD




Papan pengumuman untuk anggota di dalam KBD


 KRPL Indah Lestari  Desa Gesikan Pakel dibina langsung oleh BPTP Jatim dengan Pendamping Bapak Agus Wahyudi dan Bapak Suliyanto.

Bpk. agus Wahyudi dan Suliyanto memberikan arahan




Kegiatan praktek merempel terong


 Panen kembang kol




Sayur hasil panen dari KRPL
Kolam ikan Lele
Rumah contoh KRPL



KRPL menjadi tuntutan untuk setiap keluarga dalam rangka menyediakan bahan pangan yang sehat dan bergizi yang selalu tersedia setiap saat di sekitar rumah kita.

Diposkan oleh : Ir. Titalina
BPP Kecamatan Pakel-Tulungagung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar